Pengertian Musik Barat dan Unsur Musik Barat

Pengertian Musik Barat dan Unsur Musik Barat -Berkembangnya musik pada zaman yang terus meningkat menjadikan banyak orang yang sangat terpengaruh karena persebarannya mendunia. Sehingga musik sangat menjanjikan untuk  suatu bisnis.

carlsonics

Dengan adanya  musik barat juga merupakan suatu kemajuan dalam bidang industri musik pada umumnya. Dikarenakan musik barat saat ini sudah memiliki kedudukan yang sangat efektif dalam menyampaikan pesan secara rasional.

Musik barat dijadikan sebagai media komunikasi yang baik dalam mempengaruhi dan mewarnai berbagai jenis musik di negara lain termasuk Indonesia. Apa sebenarnya musik barat? Dan bagaimana unsur dan jenis-jenisnya? Mari simak pembahasan lengkap dibawah ini.

Pengertian Musik Barat

Alunan musik barat adalah musik yang berasal dari Negara Barat, musik ini sangat berkembang di negara timur termasuk Indonesia. Musik ini dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan pendidikan, politik, hiburan, agama, kesehatan dan lain-lain.

Unsur Umum Musik Barat

Pada umumnya musik barat mempunyaai empat unsur, antara lain sebagai berikut:

Irama dan Matra

Ritme/irama yang terdapat pada lagu populer atau kontemporer biasa disebut dengan style, tradisi, idiom, atau corak /genre. Pada musik populer modern irama meliputi country, folk, waltz, rock’n roll, samba, salsa, disko, dan lainnya. Termasuk juga didalamnya mengalami peleburan dengan banyak corak contohnya country-rock, jazz-rock dan latin disco.

Untuk yang biasa memainkan gitar irama akan mengetahui bahwa memainkan irama country, akan berbeda dengan memainkan irama salsa. Pola dalam memukul gitar pada jenis irama pertama akan berbeda dengan pola pukulan untuk irama kedua.

Dalam notasi khusus pada irama gitar, pada masing-masing irama akan diberikan dengan pola kombinasi not dengan berbagai nilai tertentu.

Atmosfir

Atmosfir merupakan lingkungan pada sekeliling sebuah nyanyian. Atmosfir merupakan jawaban “Anda di mana?” Di sebuah pantai tropis atau pegunungan salju, di gereja, di rumah atau di hotel.

Suasana Hati

Menggambarkan perasaan orang yang menyanyi tentang apa yang anda katakan kepada pendengar? Bahagia, merenung, damai, rindu, tenang, bercanda, sepi, sedih, dan lainnya.

Pesan

Apa yang penyanyi katakan kepada kami sebagai pendengar? Apa kenyatan, sudut-pandang, filsafat, atau tanggapan apa yang anda inginkan dari pendengar?

Unsur Khusus Musik Barat

Secara lebih detail lagi, Unsur Musik Barat juga terdapat empat unsur, berikut penjelasannya.

Lirik

Lirik dapat mengungkapkan emosi dan nyanyian yang meliputi melodi dan lirik merupakan ungkapan emosional. Lirik dapat tersusun atas bait dan koor.

Bait menggambarkan, koor bercerita. Bait menunjukkan seseorang atau sesuatu dengan bahasa yang khusus dan menarik, sedangkan koor bercerita dengan komentar atau ringkasan mengenai bait.

Melodi

Arti dari melodi itu sendiri adalah merupakan sebuah gabungan dari rangkaian tinggi nada (pitch) dan ritme. Rangkaian tinggi nada dan ritme diberi tanda dengan rangkaian not dan tanda-diam dengan berbagai jenis nilai.

Harmoni

Harmoni pada musik barat yaitu sebuah teori musik yang membahas tentang bagaimana penyusunan sebuah rangkaian akord-akord supaya musik itu bisa enak didengar dan selaras. Di sini akan dijelaskan mengenai pemakaian banyak nada secara bersama dan akord-akord musik, yang terjadi dengan secara nyata maupun yang tersirat.

Pelajaran ini sering mengarah ke studi mengenai progres harmonis, gerakan dari sebuah nada secara bersama-sama ke nada yang lain, dan prinsip-prinsip struktural yang mengatur progres tersebut.

Ritme

Ritme merupakan sebuah bagian dari melodi atau lagu. Ritme itu sendiri sangat berkaitan dengan distribusi not-not pada waktu dan tekanan not-not tersebut. Not dalam waktu ini diberi berbagai nilai.

Dalam suatu ketukan 4/4, contohnya satu not mempunyai nilai empat ketukan dibunyikan untuk jangka waktu yang agak lama (misal selama 4 detik) sementara satu not bernilai satu ketukan memerlukan waktu yang cepat untuk dibunyikan (misal setengah detik). Satu not lain yang mempunyai nilai setengah ketukan akan memerlukan waktu yang lebih pendek dari not sebelumnya yang dimainkan atau dinyanyikan.